-->

10 Perbedaan Burung Cendet / Pentet Jantan Dan Betina Paling Akurat

- February 16, 2018
advertise here
Perbedaan Cendet Jantan dan Betina | Burung cendet jantan sanggup dipastikan kualitas bunyi kicauannya melampaui cendet betina. Itu sebabnya bila anda ingin memelihara burung pengicau andal ini selalu pilih yang berjenis kelamin jantan. Namun bagaimana karenanya bila anda masih belum tahu cara membedakan cendet jantan dan betina secara akurat. Tentunya anda akan sesulitan memilih jenis kelamin burung pentet / toet ini bukan!

 Burung cendet jantan sanggup dipastikan kualitas bunyi kicauannya melampaui cendet betina 10 Perbedaan Burung Cendet / Pentet Jantan dan Betina Paling Akurat

Perbedaan burung cendet jantan dan cendet betina akan sangat praktis sekali dikenali ketika usianya sudah cukup umur atau setidaknya ketika bulunya sudah pernah mabung atau brodol. Ciri-ciri cendet jantan yang sudah cukup umur ialah warna bulu hitam di tubuhnya tampak lebih tegas dan pekat. Sedangkan pada cendet betina warna hitamnya lebih pudar atau cendrung abu-abu.

Sebagai cendet mania yang up to date memang sangat dianjurkan untuk memahami seluk beluk burung cerdas yang juga disebut burung Addes ini di Jawa Timur dan Lanius schach dalam bahasa inggris. Salah satunya ialah paham bagaimana cara membedakan cendet jantan dan cendet betina dengan benar. Baik itu cendet yang masih piyik, trotolan maupun yang sudah cukup umur sekalipun.

Dengan menguasai perbedaan ciri pentet jantan dan betina akan menciptakan anda lebih menyenangkan dalam menjalani hobinya sebagai pecinta burung cendet. Baiklah berikut beberapa tips jitu cara mengetahui perbedaan kelamin burung cendet berdasarkan pengalaman eksklusif dan pakar cendet yang sudah berpengalaman.

Perbedaan Burung Cendet Jantan dan Betina


# Ciri-Ciri Cendet Jantan Anakan Trotolan
  • Garis hitam di penggalan pipi terlihat pekat.
  • Bentuk kepala kotak dan papak atau datar pada penggalan atas.
  • Jarak antar kedua supit nya rapat (diraba dengan jari).
  • Di penggalan ekor terdapat bulu berwarna hitam yang relatif terang.
  • Perilakunya tampak lebih damai dak tidak terlalu cerewet atau manja.

# Ciri-Ciri Cendet Betina Anakan Trotolan
  • Garis hitam pada sisi pipi terlihat kurang pekat.
  • Bentuk kepalanya nampak bulat atau menggelembung di sisi atas.
  • Jarak kedua supitnya cendrung lebih renggang (bisa diraba pakai jari).
  • Warna hitam dibagian ekornya nampak samar-samar.
  • Perilakunya cendrung lebih cerewat dan manja.

* Ciri-Ciri Cendet Jantan dan Betina Dewasa

Khusus burung pentet dewasa, rasanya anda semua sudah sanggup membedakan kelaminnya dengan sangat mudah. Karena untuk mengenali mana pentet jantan dan pentet betina sanggup dibilang sangat gampang. Caranya hanya memperhatikan warna bulu. Warna bulu cendet jantan terlihat lebih tegas terutama pada bulu hitamnya tampak sangat pekat, sementara pada pentet betina warna bulunya cendrung memudar / tidak tegas menyerupai pada pejantan.

Perbedaan cendet betina dan cendet jantan selain sanggup diketahui dari penampilan ciri fisik atau warna bulu nya, rupanya juga sanggup dideteksi dari huruf bunyi kicauannya dimana bunyi cendet jantan kualitasnya betul-betul memukau. Lagu atau bunyi nyanyiannya kaya variasi karena lebih jago dalam menjiplak kicauan jenis burung lain dengan volume lantang. Sedangkan bunyi cendet betina tidak begitu keras dan minim variasi atau lagu cendrung monoton.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search